Thursday, November 26, 2015

Fungsi dan Tugas Dari Masing-masing Jabatan Pada Perusahaan

Perusahaan teridiri dari sekelompok orang atau suatu organisasi yang menjalankan suatu usaha untuk memperoleh hasil usaha, usaha tersebut dijalankan oleh anggota kelompok atau organisasi secara harmonis sehingga tercapainya tujuan hasil usaha tersebut. Di dalam perusahaan terdapat jabatan dan tugas masing-masing jabatan sehingga tercapainya tujuan perusahaan. Fungsi dan tugas berdasarkan jabatannya antara lain :

Pemilik Perusahaan
Pemilik perusahaan mempunyai jabatan sebagai direktur utama, berfungsi sebagai pengelola perusahaan secara keseluruhan sesuai dengan kebijakan-kebijakan yang telah diterapkan oleh managemen.
Geeneral Manager
Berfungsi sebagai pengelola perusahaan secara keseluruhan sesuai dengan kebijakan manjemen dan kebijakan pemilik perusahaan. Tanggung jawab utama mengenai mutu produk dan fungsi sistem muu berada pada General Manager.
            Departemen Produksi
Departemen ini bertugas untuk menghasilkan produk yang sesuai rencana dengan waktu dan biaya yang efisien serta mutu yang sesuai dengan standar.
QC (Quality Control)
Divisi Quality Control bertanggung jawab menilai parameter proses dan produk agar sesuai dngan spesifikasi. Kegiatan yang menjadi ruang lingkup divisi QC diantaranya pengawasan visual, evaluasi sensori, dan melakukan tindakan koreksi dalam menjamin mutu produk yang telah ditetapkan. Selama proses produksi, divisi QC mengawasi aktifitas untuk menjamin mutu, hingga mencapai tahapan produk akhir.
QA/AG
Quality Assurance (QA)dalam perusahaan bertanggung jawab menerapkan kegiatan yang sesuai dengan sistem mutu, untuk menjamin semua bahan baku dan produk sesuai dengan standar mutu.
Aplication Group mempunyai tugas melakukan penelitian dan pengembangan produk berupa desain kemasan, formulasi dan jenis produk, secara optimasi proses produksi.
FICO (finance and control)
Mempunyai tugas antara lain, mengadakan pencatatan data perusahaan secara menyeluruh, yang berhubungan dengan keuangan secara periodik, mengupayakan pengaman keuangan dalam kegiatan perusahaan.
Bagian Personalia (HRD)
Bagian personalia berfungsi membantu direksi dalam hal penerimaan karyawan baru baik permanen, kontrak maupun out sourcing. Serta berfokus pada pelatihan dan pengembangan karyawan melalui penyediaan fasilitas pelatihan.
RPU (Resource Planning Unit)
            tanggung jawab yang similiki RPU antara lain mengatur rencana produksi rutin dan mengatur penyediaan bahan baku hingga mendistribusikan produk jadi kepada distributor.
            Engineering
      Engineering bertanggung jawab menjaga aset perusahaan seperti alat-alat produksi, agar dapat berfungsi secara optimal. Departemen ini juga bertanggung jawab atas penyediaan dan penggunaan energi selalu dalam keadaan aman efisien dan ramah lingkungan.


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah membantu memperbaiki blog ini dengan komentar-komentar yang membangun.